Apasih Repository Itu??

Apasih Repository Itu? - Sobat semua pasti sudah sering mendengar kata Repository, terutama para pengguna linux. Tapi sebenarnya apasih Repository itu?, apa itu penting buat linux? Nah, di postingan kali ini saya akan membahas mengenai hal itu.


managerpaket

Apa itu Repository?
Repository adalah tempat di simpannya berbagai macam program atau aplikasi yang telah di buat sedemikian rupa sehigga bisa di akses melalui internet. Selain di internet, Repository juga tersedia di media seperti DVD sebagai alternatif Repository saat tak ada koneksi internet. Ketika kita melakukan download Repository melalui internet default servernya adalah server luar, seperti archive.ubuntu.com, security.ubuntu.com, dll. Untuk Fungsinya, disini Repository berperan sebagai penyeida aplikasi atau kumpulan paket software dari distro-distro linux, yang dapat di akses melalui internet.

Dimana file Repositori itu berarda?
File Repository ini langsung otomatis berada di laptop atau PC kita saat kita sudah menginstall linux dengan nama file biasanya sources.list, biasanya terletak di folder apt di dalam folder etc. Jika sobat ingin melihat Repository milik sobat, sobat hanya perlu mengetikan :

sudo gedit /etc/apt/sources.list
sources.list

Sobat bisa melakukan edit seperti menambah, menghapus, mengganti Repostitory milik sobat sesuai yang sobat inginkan.

Apakah Repository itu Penting?
Untuk masalah penging ga pentingnya ini, saya rasa adanya Repository di linux itu Penting, karena di situ adalah tempatnya paket-paket software untuk linux itu sendiri, kita hanya perlu langsung menginstall tanpa harus cari lagi paket softwarenya karena sudah tersedia di Repository tersebut. Yah, walau pun kita bisa juga mencar paket softwarenya secara manual dan menginstallnya juga tetapi saya rasa cara tersebut cukup ribet dan akan banyak memakan waktu.

Apakah semua Paket software ada di Repostory?
Tidak, tidak semua paket software langsung ada di repository, itu sebabnya kita harus tau nama file repository dan letaknya dimana, soalnya jikalau kita akan menginstall suatu software dan aplikasi, kemudian di Repository ternyata paketnya belum ada, kita bisa mencari repositorynya dan menambahkannya di di Repository kita dengan mengedit file sources.list tadi, yang berada di directory sudo gedit /etc/apt/sources.list.

NB:
Karena secara default server dari repository adalah server luar, sobat bisa menggantinya menjadi server lokal dengan cara mengeganti semua Repository yang ada dengan Repository lokal yang sobat punya.

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.


Sumber : http://www.belkomindo.com/2015/12/apasih-repository-itu.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apasih Repository Itu??"

Post a Comment